Resource

Rabu, 23 Mei 2012

PERAN NUTRISI PADA SISTEM INTEGUMEN (KULIT)


BAB II
PEMBAHASAN
PERAN NUTRISI PADA SISTEM INTEGUMEN (KULIT)
A.      KULIT
                Kulit merupakan organ terbesar sistem metabolik aktif yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari cedera dan infeksi, membantu mengontrol suhu dan immunoregulation, dan bertindak sebagai reservoir penyimpanan nutrisi tertentu .
1.       Kesehatan kulit dipengaruhi oleh usia :
Semakin meningkat à degenerasi selà penuaanà keriput/tidak elastis
Selain faktor Usia ada juga faktor yang lain yaitu diet nutrisi,radikal bebas ,iklim, sinar matahari dll.
Karena kebutuhan metabolik yang tinggi, kulit memiliki kebutuhan yang relatif tinggi akan  energi, protein, dan nutrisi penting lainnya.
1.       ketidakseimbangan gizi dapat terjadi sebagai akibat dari:
·         makan yang buruk atau nilai gizi tidak seimbang, atau
·         Gangguan fungsional organà yang mempengaruhi kemampuan untuk mencerna dan menyerap, nutrisi digunakanà gangguan metabolisme

B.      Jenis nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan kulit
Selenium - Membantu menjaga kesehatan rambut dan kuku, meningkatkan imunitas, bekerja sama dengan vitamin E untuk melindungi sel dari kerusakan.(Bawang putih,  kacang brasil, daging, telur, unggas, hasil laut).
Beta-carotene - memelihara kulit sehat, membantu mencegah infeksi dan kebutaan malam, mendorong pertumbuhan dan perkembangan tulang. (wortel, tomat, bayam, brokoli, kentang manis dan labu kuning.)
Vitamin E - berguna sebagai pelindung dari esensi lemak dalam sel darah merah dan membranes sel. merupakan antioksidan lain yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Vitamin ini juga berperan sebagai antiperadangan dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. (Peanut butter, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak nabati dan mentega, gandum kuman, alpukat). Vitamin yang sering disebut-sebut sangat penting untuk kulit ini bisa ditemui di sayuran hijau berdaun, vitamin E juga dikandung oleh kacang tanah, paprika merah, buah zaitun, beras merah, apel, whole grain, ubi jalar dan polong-polongan.Vitamin E dapat mengurangi risiko penyakit dengan kandungan antioksidannya, memerangi kerusakan akibat zat radikal bebas dan berpotensi untuk memperlambat penuaan. bisa mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.Vitamin ini juga berperan sebagai antiperadangan dan menguatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C - menghancurkan radikal bebas di dalam dan di luar sel. Membantu dalam pembentukan partikel jaringan, penyembuh luka dan penyerapan zat besi. Membantu mencegah gusi memar dan menjaga kesehatan gigi. Dapat mengurangi risiko katarak, penyakit jantung, dan kanker. (Peppers, tomat, jeruk buah-buahan  brokoli, bayam, kubis, kentang, mangga, pepaya).
Vitamin A  - sangat penting karena kandungan antioksidannya yang membantu mengurangi resiko penyakit tertentu termasuk kanker. Antioksidan juga membantu mencegah infeksi serta mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel-sel, jaringan  kulit. Membantu menjaga kelembaban lapisan kulit bawah.Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kulit kering, gatal dan kehilangan elastisitas.
Vitamin B Kompleks (riboflavin, niacin, B-6, B-12 dan biotin)
Paling banyak terkandung di whole grain dan sereal whole grain, juga produk-produk sereal serta biji-bijian yang diperkaya. Jika tidak terlalu suka sereal Anda bisa juga mendapatkan vitamin ini pada beras, oatmeal, biji bunga matahari, ikan, telur, hati dan produk susu rendah lemak.Vitamin B Klompeks berguna untuk mengurangi rasa kering dan gatal di kulit. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan kulit kering, mengelupas dan sensitif. Riboflavin atau vitamin B-2 juga dapat ditemukan di daging, kacang-kacangan dan sayuran hijau berdaun. Sedangkan niacin dapat pula diperoleh dari unggas, ikan, daging sapi, mentega kacang dan polong-polongan.
Vitamin C juga bisa didapat dari jeruk, buah beri,paprika,kentang, bawang putih, bawang bombay, sayur hijau atau hijau gelap berdaun (bayam), apel, kubis, kecambah dan melon. Vitamin C penting karena kandungan antioksidannya, juga efek antihistamin, dapat mencegah infeksi kulit dan menyembuhkan luka, memproduksi kolagen dan elastin untuk mengencangkan kulit, mendukung gusi yang sehat dan pembuluh darah yang lentur.Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gigi goyah, gusi bengkak, pendarahan berlebihan dan luka yang tidak sembuh-sembuh.
Zinc dapat ditemukan pada daging, hidangan laut, telur, susu. Zinc juga bisa didapat dari buah aprikot, bawang bombay kokoa. Zinc penting untuk pertumbuhan dan kesehatan kulit secara keseluruhan, karena nutrisi ini bekerja dengan vitamin A untuk menjaga dan memperbaiki kulit, mendukung kekuatan, elastisitas dan kekencangan kulit.Zinc juga mendukung pertumbuhan jaringan sehingga memegang peranan penting pada banyak fungsi tubuh. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan kita mudah terkena infeksi.
Asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 membantu memproduksi lapisan minyak pelindung alami kulit serta mencegah munculnya jerawat. sumber lemak esensial ini dari minyak zaitun dan canola oil, biji rami, kenari, serta jenis ikan seperti salmon, sarden dan makarel.
Selain vitamin dan mineral, untuk mewujudkan kulit sehat tubuh juga memerlukan nutrisi makro yang baik, di antaranya:
1.       Karbohidrat.
       zat gizi ini dikandung dalam roti, beras (sebaiknya beras merah) dan oatmil. Karbohidrat penting untuk energi
2.       Protein.
                Daging, unggas, telur, ikan, kacang-kacangan dan tahu adalah sumber protein terbaik. Protein dibutuhkan kulit khususnya dan tubuh secara keseluruhan untuk energi, serta memperbaiki jaringan dan sel tubuh.
3.       Lemak
    Terdapat pada minyak sayur, lemak unggas, minyak kedelai, kacang-kacangan dan biji-bijian. Lemak cukup penting untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan lembab.
     Kekurangan lemak dapat menyebabkan kulit yang kering, bersisik dan terkelupas serta rontoknya rambut.
4.       AIR
Air putih adalah sumber terbaik.Namun asupan cairan yang baik juga didapat dari buah-buahan, sayur-sayuran dan produk susu. Air sangat penting untuk hidrasi sel, serta        berperan dalam meregulasi suhu tubuh. Air juga bertugas membawa nutrisi ke sel-sel dan sampah hasil metabolisme keluar dari sel.


1 komentar: